OBSERVASI PROGRAM MADRASAH, KAKANKEMENAG BOJONEGORO KUNJUNGI MAN 2 KOTA MALANG

Kota Malang (Humas) — Pada hari Senin (23/9/24) pagi ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Bojonegoro H. Abdul Wahid, S.Ag., M.PdI bersama jajarannya, didampingi Kepala MAN 3 Bojonegoro Drs. H. Khoirussalim, M.PdI. dengan jumlah rombongan 16 orang. Kunjungan diterima langsung Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M. Pd, didampingi Wakahumas Miftachul Ula, M. Ag, Ketua Ma’had HA. Taufiq WAS, Lc, MA. dan Tim Humas dan Olimpiade di Ruang Kepala MAN 2 Kota Malang. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut untuk mengetahui lebih dekat dengan tata kelola manajemen madrasan dan pengelolaan dari dekat Program Unggulan Madrasah dan Inovasi Prestasi Akademik dan Non Akademik.

Dalam sambutannya, H. Abdul Wahid Kakankemenag Bojonegoro, sekaligus mewakili rombongan menyampaikan kehadiran di MAN 2 Kota Malang untuk melakukan silaturahmi dan sharing berkaitan dengan prestasi yang sudah di raih MAN 2 Kota Malang. “Alhamdulillah kunjungan kami dari Bojonegoro untuk melihat dari dekat MAN 2 Kota Malang yang namanya sudah melanglang buana Nasional dan Internasional yang sering menjuarai event perlombaan, dan harapanya kami bisa mengetahui proses prestasi MAN 2 Kota Malang untuk kami tiru dan dibawa ke Bojonegoro terutama ke MAN 3 Bojonegoro. Selain itu kami proses prestasi olimpiade, Kema’hadan, peran pengurus komite dalam mendukung program madrasah dan bidang program unggulan lainya.” ucap H. Abdul Wahid yang ikut bangga dengan prestasi yang telah di Raih MAN 2 Kota Malang.

Pada sambutan selamat datang dari Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd sekaligus paparanya, tentang profil MAN 2 Kota Malang secara umum menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang sebagai Madrasah SKS, Akademik, dan Riset dari Pemerintah, sebagai motivasi dalam meraih prestasi yang selama ini, dengan melalui proses yang panjang dan hal ini diperlukan kerjasama dan kerjakeras semua pihak.
“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang dinobatkan sebagai Madrasah SKS, Madrasah Akademik, dan Madrasah Riset selama ini di raih madrasah tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh Madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.
” Dalam pelaksanaan proses mendukung semua program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA, PIKAT PUSPITA serta SUKA SUJABAJO bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” Jelas Kamad.

Kemudian Kamad menyampaikan apresiasi kepada peserta didik dengan berbagai cara, agar bisa menjadi kebanggaan untuk dirinya, keluarga dan Kementerian Agama. “Memberikan apresiasi kepada peserta didik MAN 2 Kota selama ini kami tidak berupa uang, akan tetapi berupa media Kehumasan dengan mengirimkan informasi berita di media sosial madrasah, media luar madrasah, fleyer dan poster sebagai rasa syukur dan syiar untuk madrasah, ananda dan Kementerian Agama.” Pungkas Kamad.

Acara dilanjut penyampaian profil Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang disampaikan Ketua Ma’had Al Qalam HA. Taufiq WAS, Lc., MA. mengatakan bahwa program kerja dan sinergitas Ma’had dan Madrasah selama ini dalam mendukung Visi Misi Ma’had Al Qalam MAN 2 Kota Malang. Visi kami adalah mewujudkan Ma’had Al Qalam sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan generasi alim, abid dan hanif yang sekaligus menjadi slogan Ma’had.
” Dalam manajemen Ma’had dan program kerjanya Madrasah kami membawai Ma’had Al Qalam yang mengacu visi pertama ‘Alim dimaknai dengan memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi terutama di bidang ilmu agama, dengan diikuti santri yang berjumlah 635 siswa Madrasah.” Ucapnya.

Kemudian menurutnya dalam keseharianya manajemen Ma’had wajib untuk bersinergitas dengan induknya yakni mengikuti Visi dan Misi Madrasah.
” Dalam kesehariannya Layanan Ma’had melaksanakan dan tetap mengedepankan Visi dan Misi yang ada di Madrasah, dan selalu melaporkan dan minta petunjuk kepala Kepala Madrasah, mulai dari layanan Santri, dalam perekrutan pengasuh hingga pembinaan keilmuan yang tidak dapat di Madrasah.” ujar Ust. Taufiq yang alumnus S1-nya dari Al Azhar Cairo University.

Dilanjut dengan penayangan profil madrasah, dan acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu secara interaktif oleh Wakahum Miftachul Ula, serta observasi lapangan.(Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait